Budi Daya dan 9 Manfaat Tersembunyi Bawang Merah

Diposting pada

Ziedanet – Halo sahabat semua, sudah barang tentu kita semua mengetahui apa itu bawang merah. Bawang merah merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan bumbu dapur yang paling sering digunakan.

budi daya dan 9 manfaat tersembunyi bawang merah
budi daya dan 9 manfaat tersembunyi bawang merah

Bawang merah adalah tanaman yang termasuk herba semusim. Tanaman ini tidak memiliki batang, berwarna merah keputih-putihan, dan memiliki bentuk tebal karena terdiri atas siung-siung. Siung-siung tersebut dilapisi daun sehingga menjadi umbi lapis.

Bawang merah tumbuh di daerah dataran rendah sampai sedang, kira-kira 250-600 m dpl. Tanah yang cocok dijadikan lahan pembiakannya adalah tanah gembur, lempung dan berpasir ringan.

Tahukah anda bahwa selain sebagai bumbu dapur ternyata bawang merah memiliki segudang manfaat?

Bawang merah merupakan tumbuhan Kaya antioksidan yang mengandung vitamin C, folat, kalium dan mangan. Di dalamnya juga ada senyawa antiinflamasi yang kuat. Berikut 9 manfaat tersembunyi bawang merah:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Bawang merah merupakan tanaman yang kaya akan inulin. Inulin merupakan serat yang bertindak sebagai prebiotic yang dapat membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi

2. Bawang Merah sebagai Pencegah Kanker

Selain berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, bawang merah juga merupakan obat yang sangat berkhasiat untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan belerang, quercetin dan antosianin dalam bawang merah diketahui dapat menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

3. Membantu menurunkan kolestrol

Bawang merah mengandng methylallyl sulfida dan sulfur asam amino yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol. Ini diketahui bahwa dalam sebuah penelitian didapatkan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS) dibagi dalam dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta mengonsumsi banyak bawang merah, sedangkan kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya luar biasa, wanita  yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah mengalami penurunan kolesterol jahat.

4. Bawang Merah sebagai obat sembelit

Ketika kita sedang susah BAB, ternyata kita tidak perlu jauh-jauh untuk membeli obat. Ternyata Bawang merah yang notabene merupakan bahan masakan yang selalu ada didapur juga dapat digunkan sebagai obat sembelit. Ini dikarenakan bawang merah mengandung serat yang dapat menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat di usus – sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *